hukum membaca bismillah di awal kajian

Membuka Pengajian dengan Khutbah Hajah atau lainnya

السؤال : هل كان الرسول صلى الله عليه وسلم يفتتح دائماً مجالسه بـ : (إن الحمد لله نحمده ونستعينه) أم كان يفتتح بأدعية أخرى أيضاً ، وما رأيك فيمن يفتتحون بأدعية أخرى ، والمهم فيها حمد الله والثناء عليه ؟
Pertanyaan, “Apakah Rasulullah selalu membuka majlisnya dengan bacaan khutbah hajah ataukah juga dengan bacaan yang lain? Apa pendapat Anda mengenai orang yang membuka majlisnya dengan bacaan-bacaan lain yang penting mengandung pujian dan sanjungan kepada Allah?”


الجواب :
الحمد لله ” لم يكن رسول الله صلى الله عليه وسلم يلتزم هذا الدعاء في جميع خطبه ومجالسه ، بل كان يفتتح به ويفتتح بغيره ،
Jawaban Lajnah Daimah, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak selalu membuka semua khutbah ataupun majelis pengajian beliau dengan khutbah hajah. Terkadang beliau buka dengan khutbah hajah, terkadang dengan bacaan selainnya.

وبذلك فيجوز للمسلم أن يفتتح مجلس علمه وتذكيره بأي استفتاح أو دعاء ثبت عن رسول الله صلى الله عليه وسلم ،
Mengingat hal tersebut, seorang muslim boleh membuka majelis pengajiannya dengan bacaan pembuka apa pun atau dengan bacaan yang berasal dari Rasulullah.

وكذلك يجوز أن يستفتح مجلسه بمجرد الثناء على الله بقوله الحمد لله ، أو بمجرد التسمية بقوله : ( بسم الله الرحمن الرحيم ) أو : ( بسم الله ) فقط ؛
Demikian pula, diperbolehkan membuka pengajian dengan semata-mata kalimat sanjungan kepada Allah dengan mengucapkan “Alhamdulillah”. Boleh juga dibuka hanya dengan basmalah semisal bismillahirrahmanirrahim atau bismillah saja.

لقوله صلى الله عليه وسلم : ( كل أمر ذي بال لا يبدأ بـ : بسم الله ، فهو أجذم) ،
Dalilnya adalah sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Setiap perkara penting menurut syariat yang tidak dimulai dengan bismillah adalah perkara yang tidak diberkahi”.

وفي لفظ : (لا يبدأ فيه بالحمد لله فهو أجذم ).
Dalam redaksi lain disebutkan, “…yang tidak dimulai dengan alhamdulillah adalah perkara yang tidak diberkahi


وبالله التوفيق ، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم “.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء .
الشيخ عبد العزيز بن عبد الله بن باز … الشيخ عبد الرزاق عفيفي … الشيخ عبد الله بن غديان … الشيخ صالح الفوزان … الشيخ عبد العزيز آل الشيخ .
Fatwa ini ditandatangani oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Abdurrazaq Afifi, Abdullah bin Ghadayan, Shalih al Fauzan dan Abdul Aziz Alu Syaikh.

“فتاوى اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء” (24/229) .
Fatawa Lajnah Daimah jilid 24 hal 229-230

Artikel www.ustadzaris.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons