tidurnya orang yang shaum adalah ibadah ?!


”Apabila datang Ramadhan : pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR. Muslim)

seorang pelajar SMA ditanya oleh ibunya, "nak, kamu mau kemana?"
si anak menjawab, " mau ke mesjid bu, sy mau ibadah nih..."
"wah, rajin sekali anak ibu ini... tapi kan skrg blum waktunya shalat... kamu mau baca qur'an ya?" tanya sang ibu
"nggak kok Bu, sy mau ibadah yg paling enak dan ga bikin bosen..." sahut si anak
"sang ibu jd penasaran, " ibadah apaan tuh nak?"
"tidur.... kan org shaum tidurnya jd ibadah...", jwb si anak tenang
dan sang ibu pun semakin bingung dgn tingkah anaknya itu...

nah, gimana tuh? apa ada yg diantara sobat skalian yg suka menghabiskan waktu siang utk tidur d bulan ramadlan? apalagi dgn alesan bahwa tidurnya org shaum itu ibadah... :D

tidur di siang hari saat sdg shaum bukanlah hal yg haram, hukum asal tidur adalah mubah (boleh), tetapi jika tidur itu membuat kita lalai dari ibadah shalat dan ibadah lainnya, maka hukum tidur pun menjadi makruh malah bisa2 HARAM jika membuat kita meninggalkan ibadah.

andai kita dijanjikan oleh org kaya akan diberi uang 1 milyar perjam selama kita menemani org itu dlm kondisi terjaga, maka apa yg akan dilakukan? niscaya kita akan berusaha mengurangi jam tidur kita semaksimal mungkin agar tiap jamnya kita dpt uang 1 milyar
nah, andai ramadlan adalah saat Allah Ta'ala menyediakan bonus pahala yg lbh berharga dri uang 1 milyar itu, maka mengapa msh ada yg mengahbiskan waktu dgn tidur?!

Tidak banyak kebaikan dan keberkahan yang bisa diraih oleh orang yang mengisi waktunya hanya dengan tidur saja karena dirinya telah kehilangan banyak kesempatan beramal taat.

Banyaknya tidur akan menafikan hikmah dari disyariatkannya berpuasa yaitu untuk melakukan jihad dengan dirinya melawan berbagai tarikan-tarikan hawa nafsu dan syahwatnya selama puasa.

derajat hadits tidur adalah ibadah:
Hadits ”Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah” terdapat didalam kitab ”Ihya Ulumuddin” karya Imam Ghazali rahimahullah. Namun al Iraqi rahimahullah mengatakan bahwa kami meriwayatkannya didalam ”Amalii Ibnu Mundah” dari riwayat Ibnul Mughiroh al Qowas dari Abdullah bin umar atau mungkin Abdullah bin ’Amr dengan sanad lemah
hal ini juga beliau kemukakan dalam Takhrijul Ihya (1/310).

Adapun hadits lainnya yang berbunyi,”Tidurnya orang yang berpuasa ibadah, diamnya tasbih, doanya diijabah dan amalnya diterima.” maka menurut al 'Alamah Syeikh Al Albani didalam kitabnya ”as Silsilah adh Dhaifah wa al Maudhu’ah” (10/230) adalah lemah.
Hadits itu diriwayatkan oleh Abu Muhammad bin Sho’id didalam ”Musnad Ibnu Abi Aufa” (2/120), ad Dailamiy (93/4) dan al Wahidiy didalam ’Al Wasith” (1/65/1) dari Sulaiman bin Amr dari Abdul Malik bin Umair dari Ibnu Abi Aufa.
Al Bani mengatakan bahwa hadits ini palsu, Sulaiman bin Umar adalah Abu Daud an Nakh’i adalah seorang pendusta.

Pemilik kitab ”Faidhul Qodir” mengatakan bahwa didalamnya terdapat Ma’ruf bin Hasan—ia adalah salah seorang—yang lemah sedangkan Sulaiman bin Umar an Nakh’i adalah orang yang lebih lemah darinya.
Al Hafizh al Iroqi mengatakan bahwa didalam hadits itu terdapat Sulaiman an Nakh’i ia adalah salah seorang pendusta. (Faidhul Qodir juz VI hal 290)

jika hadits2nya lemah, maka msh bisakah dijadikan hujjah?!

namun perlu diingat suatu perbuatan mubah semisal tidur tentu bisa dilakukan, bahkan oleh org yg sdg shaum, namun ada batasnya, jgn sampai melalaikan dari yang wajib dan sunnah, serta lbh baik terjaga dalam ibadah drpd tidur dgn niat mnjauhkn diri dari maksiat, karena dgn ibadah insya Allah akn terjaga dari maksiat selama menjaga keikhlasan.
selain itu jika tdur diniatkan agar kita bs kuat ibadah dmalam hari misalnya, tentu ini trmasuk perkara baik krn termasuk persiapan ibadah, namun jika hanya tdur tanpa ada ibadah lain yg mengikuti sungguh disayangkan

mari maksimalkan ramadlan kali ini... krn ramadlan yg lalu sudah tak bisa diperbaiki, dan ramadlan yg akan datang blm tentu bisa kita lalui

Wallahu A’lam
-GIRI JAYA WIJAYA-

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons